Logo-Indosurta-Surabaya-2- Melayani Pengiriman ke Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Probolinggo, Pasuruan, Mojokerto, Malang, Madiun, Kediri, Blitar, Batu, Bangkalan, Banyuwangi, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Lamongan, Lumajang, Magetan, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tuban, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Tulungagung, Sumber, Singosari dan Kota Jawa Timur lainnya.

Indosurta Surabaya, perusahaan yang bergerak di bidang agen alat – alat survey dan pemetaan Menyediakan alat survey dan pemetaan dari berbagai merk terkenal yang sudah teruji mutu dan kualitasnya untuk kawasan Jawa Timur, Bali, Madura, dan Nusa Tenggara.

Produk yang kami sediakan seperti Total Station, Theodolite, Automatic Level, Rotating Laser, Cross line laser, Laser distance meter, GPS Navigasi & Geodetic, Aksessories Survey lainnya.

Semua Alat Survey di Indosurta Surabaya

Macam-Macam Alat Survey dan Pemetaan

Macam-Macam Alat Survey dan Pemetaan – Alat survey tanah sering disebut sebagai alat yang digunakan untuk mengukur tanah yang nantinya bisa menghasilkan bentuk ukuran, gambar atau citra. Alat survey tanah ini ada banyak macamnya. Mulai dari harga yang murah dan mahal bisa ditemukan dipasaran. Namun pada intinya harga alat survey tanah ini bermacam-macam. Mahal jika memiliki fitur yang canggih dan memberikan banyak manfaat.

 

Alat survey tanah bisa ditemukan dengan mudah toko online, situs jual beli, dan toko fisik. Penasaran dengan macam-macam alat survey yang beredar dari pasaran berikut ini Indosurta akan memaparkan beberapa macam alat survey yang bisa ditemukan di pasaran.

1. Alat Survey Tanah Total Station

Total station adalah alat survey tanah yang menurut data penjualan kami paling laris dibandingkan dengan alat survey tanah total station merek lainnya.Total station memiliki banyak merek diantaranya Topcon, Nikon, Sokkia, Gowin, Hi-Target, Spectra, Leica dan masih banyak lagi.

Harga total station ini juga beragam mulai dari harga 40 juta rupiah sampai dengan ratusan juta rupiah. Total station ini dibeli berdasarkan kemampuan dan kebutuhan. Intinya semakin mahal harga total station tentunya fitur yang ditawarkan tidak akan mengecewakan. Tertarik untuk mengetahui macam-macam total station bisa mengunjungi link berikut ini..

Go to: Total station di Indosurta, Total Station – Peralatan untuk Survey dan Pemetaan

 

2. Alat Survey Tanah Theodolite

Thedolite itu juga terbagi menjadi beberapa macam yaitu manual dan digital. Theodolite manual adalah theodolite yang masih menggunakan perhitungan manual yang dilakukan oleh surveyornya. Theodolite manual juga tidak ada komponen elektorniknya. Theodolite manual ini saat ini sudah jarang digunakan karena dianggap jadul dan alat theodolite manual sudah jarang dijual.

Theodolite yang paling mudah digunakan adalah theodolite digital karena semua perhitungan sudah dilakukan otomatis oleh alat theodolite itu sendiri. Surveyor tidak perlu lagi menghitung-hitung hasil pengukuran karena semuanya sudah tercatat dan hasilnya ditampilkan di alat theodolite digital. Alat yang dijual dipasaran juga lebih banyak yang theodolite digital. Tertarik untuk mengetahui macam-macam theodolite bisa mengunjungi tautan link berikut ini..

Go to: Theodolite di Indosurta

 

 

3. Alat Survey Tanah Automatic Level/ Waterpass

Automatic Level atau biasa juga disebut dengan Waterpass yaitu merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk mengukur, melakukan pemetaan, dan menentukan sebuah benda atau garis dalam posisi datar atau rata dalam suatu pengukuran secara vertikal dan juga horizontal. Proses pengukuran dengan Automatic Level atau Waterpass pada dunia kontruksi, Survey dan Pemetaan, biasanya disebut levelling atau waterpassing. Apabila anda tertarik untuk mengetahui macam macam Automatic Level/ Waterpass, bisa mengunjungi tautan link dibawah ini

Go to: Automatic Level/Waterpass di Indosurta

 

4. Alat Survey Tanah GPS Geodetic

GPS Geodetic adalah alat ukur GPS dengan mengunakan teknologi satelit yang memiliki akurasi yang sangat tinggi. Selain itu GPS Geodetic juga memiliki ketelitian yang sangat akurat. Tak jarang jika alat ini bisa dipercaya untuk mengukur lahan, lapangan, perkebunan, dan luas tanah. Tak heran jika alat GPS Geodetic  sering digunakan oleh banyak perusahaan swasta, perusahaan BUMN dan pemerintahan (BPN) digunakan sebagai alat pengukuran lahan. Alat GPS Geodetic memiliki akurasi sampai dengan 0-5 milimeter.

GPS Geodetic ini mempunyai ketelitian lebih tinggi dari GPS Navigasi. Ketelitiannya bahkan sampai milimeter. Dalam satu set GPS Geodetic terdiri dari dua alat yaitu base station dan rover. Alat ukur tanah GPS Geodetic yang dijual di Indosurta sering digunakan oleh surveyor untuk keperluan PTSL atau program sertifikasi tanah. GPS Geodetic ini diyakini memiliki akurasi yang lebih baik dibandingkan dengan GPS navigasi biasa. Untuk melihat macam-macam GPS Geodetic di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: GPS Geodetik di Indosurta

 

5. Alat Survey GPSMaps Navigasi

GPS Garmin Navigasi adalah alat survey yang digunakan untuk mengukur tanah. Namun kami tidak merekomendasikan alat survey GPS Garmin untuk ukur survey tanah karena akurasinya kurang bagus. Masih lebih teliti atau lebih bagus menggunakan GPS geodetic. Untuk melihat macam-macam GPSMaps Navigasi di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: GPS Garmin di Indosurta

 

6. Alat Survey Prisma Polygon

Prisma Polygon (biasa disebut Prisma Duduk, Prisma Target, Prisma Tribrach) adalah alat yang diperlukan keperluan survey lapangan. Bagi yang sedang mencari Prisma Polygon pertimbangannya akan sangat beragam. Bahkan cenderung kompleks karena setiap tipe Prisma Polygon memiliki spesifikasi berbeda dan pastinya selisih harga yang lumayan. Oleh karena itu, jika hendak membeli Prisma Polygon, perlu membandingkan terlebih dahulu, disesuaikan dengan kebutuhan, dan pastinya disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Untuk melihat macam-macam Prisma Polygon di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Prisma Polygon

 

7. Alat Survey Prisma Single

Dikenal juga sebagai Prism Target. Prism Target biasa di gunakan untuk pengukuran sebagai reflector dari Alat Ukur total Station, Prisma target harus di tempatkan di stick/ pole. Terdapat berbagai maca merk prisma. Selain itu konstanta prisma terbagi menjadi 2, 0mm dan -30mm. oleh karena itu jika hendak membeli prisma pastikan sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi dari Totalstation yang digunakan. Untuk melihat macam-macam Prisma Single di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Prisma Single

8. Alat Survey Single

Single atau biasa disebut Cannister adalah merupakan bagian yang penting pada Prisma Single sehingga apabila Single atau Cannister tidak terdapat pada bagian dari Prisma Single, maka keseluruhan fungsionalnya tidak bisa berjalan sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu jika hendak membeli prisma pastikan sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi dari Total Station yang digunakan. Untuk melihat macam-macam Single atau Cannister di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Single

9. Alat Survey Mini Prisma

Sama halnya dengan prisma target, Mini Prisma biasa di gunakan untuk pengukuran sebagai reflector dari Alat Ukur total Station, Prisma target harus di tempatkan di stick/ pole, hanya saja sesuai dengan namanya ukuran mini prisma lebih kecil dari prisma single biasa. Oleh karena itu jika hendak membeli Mini Prisma pastikan sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi dari Total Station yang digunakan. Mini prisma yang dirancang ini dapat menghasilkan akurasi tertinggi pada jarak dekat hingga menengah. Mini Prisma berukuran nyaman untuk penyimpanan dan transportasi sementara namun tetap sangat akurat. Pilihan untuk berbagai prisma dapat mencakup gelembung leveling dan spike yang dapat dihubungkan.Untuk melihat macam-macam Mini Prisma di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Mini Prisma

 

10. Alat Bantu Survey Kompas

Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. Kompas pertimbangannya akan sangat beragam. Bahkan cenderung kompleks karena setiap tipe Kompas memiliki spesifikasi berbeda dan pastinya selisih harga yang lumayan.

Dalam periode tertentu, jenis terbaru Kompas pun bermunculan. Banyak orang yang baru pertama kali akan membelinya merasa khawatir karena spesifikasi yang ditawarkan semakin canggih, sedangkan harganya pun berbeda. Oleh karena itu, jika hendak membeli Kompas, perlu membandingkan terlebih dahulu, disesuaikan dengan kebutuhan, dan pastinya disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Untuk melihat macam-macam Kompas di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Kompas

11. Alat Bantu Survey Rambu Ukur

Rambu ukur adalah alat yang terbuat dari kayu atau campuran alumunium yang diberi skala pembacaan untuk melakukan proses pengukuran pemetaan survey. Alat ini berbentuk mistar ukur atau penggaris yang besar, dimana mistar/penggaris ini mempunyai panjang 3, 4 bahkan ada yang 5 meter sekaligus. Skala rambu ini dibuat dalam cm, dengan tiap-tiap blok merah, putih atau hitam menyatakan nilai 1 cm. lalu, setiap 5 blok tersebut berbentuk huruf E yang menyatakan nilai yaitu 5 cm, dan setiap 2 buah E menyatakan 1 dm. Tiap-tiap meter pada rambu ukur diberi warna yang berlainan, yaitu merah-putih, hitam-putih, dll. Kesemua hal ini dimaksudkan agar memudahkan dalam pembacaan rambu dan menentukan nilai yang didapat dari hasil pengukuran. Untuk melihat Rambu Ukur di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Rambu Ukur

12. Alat Survey Laser Level Waterpass

Rotating Laser Level Waterpass adalah salah satu alat instrumen paling berguna yang tersedia untuk membantu menyelesaikan pekerjaan konstruksi seperti tanah atau gradasi dengan kemampuan tingkat laser putar sebesar 360 derajat yang akan membantu pekerjaan konstruksi dan surveying. Rotating Laser Level sangat baik karena nilai ketilitian dan akurasinya yang tinggi. Rotating Laser Level dapat membantu dalam pengecekan balok tegak lurus, dan dapat laser dapat disesuaikan pada kecepatan putaran variabel, kecepatan putaran tetap, dengan tingkat akurasi yang berbeda-beda. Rotating Laser Level sendiri dapat sangat membantu para pekerja dalam melakukan levelling tanpa menggunakan waterpass konvensional. Untuk melihat Laser Level Waterpass di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Laser Level Waterpass

13. Alat Bantu Survey Reflective Sheet

Reflective Sheet adalah bahan reflektif fleksibel yang terutama digunakan untuk meningkatkan keterlihatan rambu lalu lintas di malam hari, pakaian dengan visibilitas tinggi, dan barang-barang lainnya sehingga terlihat aman dan efektif dalam cahaya lampu depan pengemudi yang mendekat. Mereka juga digunakan sebagai bahan untuk barcode. Reflektif sheet ini terdiri dari manik-manik kaca retroreflektif, mikroprisma, atau lensa berkapsul yang disegel pada kain atau substrat plastik. Banyak warna dan derajat intensitas pantulan yang berbeda disediakan oleh banyak produsen untuk berbagai aplikasi. Seperti halnya retroreflektor, terpal bersinar terang ketika ada sudut kecil antara mata pengamat dan sumber cahaya yang diarahkan ke terpal, tetapi tampak tidak reflektif bila dilihat dari arah lain.

Pada kegiatan survei dan pemetaan reflektif sheet berfungsi memantulkan laser dari total station, sama halnya seperti prisma namun reflective sheet ini berbentuk seperti sticker yang di tempelkan ke objek atau target yang telah ditentukan. Reflektif sheet ini digunakan untuk pekerjaan survei yang mana dengan harga murah, tahan lama, dan efisien salah satu produsen reflektif sheet adalah Rothbucher Systeme. Alat ini dapat digunakan untuk semua metode pengukuran baik jarak dengan tachymeters atau total station Target.  Untuk melihat Reflective Sheet di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Reflective Sheet

14. Alat Bantu Survey Flagging Tape

Flagging Tape adalah tape/solatip untuk memberikan informasi kepada costumer kegiatan survey pada setiap detil titk – patok/feature atau garis batas Setiap warna dari Flagging tape ini akan digunakan untuk memberikan informasi tersebut. Flagging Tape digunakan dalam survei untuk menandai tingkat kerataan, jalur utilitas, patok survei dan penanda batas lainnya. Surveyor sering menempelkan bendera mereka ke patok kayu atau mesin bubut, dengan tulisan di atasnya. Satu sisi biasanya ditandai dengan nomor panjang yang mereka gunakan untuk di referensikan dalam buku catatan. Sisi lain biasanya singkatan yang menunjukkan apa yang ditandai dengan pasak. Pilihan warna tergantung pada banyak faktor, dan dapat mencakup ketersediaan, dan preferensi pribadi, atau mungkin mengikuti semacam kode warna.

Flagging Tape juga biasanya digunakan untuk menandai pohon untuk berbagai keperluan. Ini dapat digunakan untuk menandai pohon untuk penebangan, untuk menandai pohon yang berbahaya atau tidak sehat, untuk menandai spesies invasif, atau untuk menandai anakan. Hutan Negara Bagian dan Nasional sering menggunakan berbagai macam pita penanda. Flagging Tape juga digunakan oleh pemadaman kebakaran hutan belantara baik sebagai bantuan navigasi bagi petugas pemadam kebakaran dan untuk menandai pohon. Saat berjalan ke kebakaran hutan, kru dapat menggunakan Flagging Tape untuk menandai jalan mereka ke api, baik untuk membantu petugas pemadam kebakaran lainnya dalam menemukan lokasi dengan cepat dan agar mereka dapat menemukan jalan kembali dengan mudah. Flagging Tape yang ditandai secara khusus juga ada untuk penggunaan api, dicantumkan dengan istilah seperti “spot fire” atau “escape route”.

Flagging Tape juga dapat digunakan sebagai alat bantu navigasi oleh pemburu, pejalan kaki, geocacher, spelunker, pengendara sepeda gunung, pengguna kendaraan offroad, dan untuk penggunaan lain seperti paintball. Untuk melihat macam macam Flagging Tape di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Flagging Tape

15. Alat Bantu Survey Pole Stick Prisma

Pole Stick Prisma adalah Alat dari bahan alumunium yang berfungsi untuk penyangga prisma single dalam pengukuran, dengan berbagai ukuran. Untuk melihat macam macam Pole Stick Prisma di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Pole Stick Prisma

16. Alat Bantu Survey Tribrach

Tribrach adalah alat tambahan yang digunakan untuk memasang instrumen survei, misalnya theodolite, total station, antena GNSS atau target ke tripod. Tribrach memungkinkan instrumen survei ditempatkan berulang kali pada posisi yang sama di atas titik penanda survei dengan presisi sub-milimeter, dengan melonggarkan dan mengencangkan kembali kunci untuk menyesuaikan dasar instrumen pada bidang horizontal.

Sama halnya dengan stabilitas tripod, tribrach merupakan faktor penting dalam akurasi pengukuran. Kekakuan torsional, kriteria paling penting dari tribrach, secara konstan dikontrol dan diuji selama produksinya. Sekrup kaki yang bebas perawatan memberikan gerakan yang selalu mulus dan bebas bermain, bahkan setelah digunakan bertahun-tahun. Penjajaran yang tepat dari area penopang ke pelat dasar instrumen memastikan pemusatan paksa yang sangat akurat. Penurunan optik sangat kuat sehingga kebutuhan untuk penyesuaian selama masa pakai tribrach praktis tidak diperlukan. Konstruksinya menentukan tribrach untuk semua aplikasi, termasuk suhu ekstrem dan debu serta kelembapan tinggi. Untuk melihat macam macam Tribrach di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Tribrach

 

17. Alat Bantu Survey Tripod

Tripod Survey adalah sebuah Tripod berfungsi untuk menyangga alat total station, Digital Theodolite, waterpass, maupun prisma polygon untuk berdiri tegaknya alat ukur dengan tinggi kaki tripod yang dapat disesuaikan dan diatur. Untuk melihat macam macam Tripod Survey di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Tripod Survey

 

18. Alat Bantu Survey Laser Meter

Laser Meter atau Laser Distance Meter merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur jarak dengan menggunakan laser yaitu hanya dengan mengarahkan laser ke batas jarak yang ingin diukur, alat ini dapat menunjukan dengan cepat hasil pengukuran jarak dengan cepat dari suatu objek ke objek lainnya.

Alat pengukur jarak laser ini banyak digunakan pada  industri, terutama industri yang profesinya berkaitan pada bidang kontruksi, distance meter merupakan alat yang dapat melakukan pengukuran jarak yang cepat dan akurat dari suatu objek ke objek lainnya, selain dari kemudahan pada saat menggunakannya,  alat ini juga mempunyai tingkat akurasi yang tinggi. Selain itu alat ini juga dapat melakukan penyimpanan hasil dari pengukuran jarak. jadi sangat praktis dan juga efektif.

Untuk jangkauan serta nilai akurasi dari sebuah laser distance meter tergantung dari pada kondisi cahaya dan juga reflektifitas dari objek target pengukuran dan sekarang ini banyak sekali perusahaan yang telah memproduksi alat pengukur jarak laser atau laser distance meter ini. Untuk melihat macam macam Laser Meter di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Laser Meter

 

19. Baterai & Charger Alat Survey

Battery digunakan untuk power alat ukur atau alat Survey dan Charger digunakan untuk mengisi daya pada battery.  Oleh karena itu jika hendak membeli Batterai dan Charger nya, harap dipastikan sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi dari Total Station atau alat survey yang membutuhkan baterai yang digunakan karena setiap baterai dan charger dengan peralatan survey berbeda beda. Untuk melihat macam macam tipe Baterai dan Charger di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Baterai & Charger

20. Komponen Alat Survey Nivo

Nivo Tabung/Kotak adalah nivo yang digunakan sebagai pedoman penyetelan pesawat agar garis bidiknya sejajar dengan garis arah nivo. Nivo ini diletakkan menjadi satu dengan teropong. Untuk melihat macam macam Nivo di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Nivo

21. Alat Survey Diagonal Lensa Eyepiece

Diagonal lensa Eyepiece untuk digunakan di daerah di mana gedung-gedung besar atau hambatan mencegah jarak kerja yang ideal antara teodolit dan objek sasaran. Untuk melihat macam macam Diagonal Lensa Eyepiece di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Lensa Eyepiece

22. Alat Bantu Survey Meteran

Meteran Adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur jarak dari titik satu ke titik lainnya. Meter Ukur adalah alat ukur yang sangat penting dipergunakan dalam bangunan. Setiap pekerjaan akan sering berhubungan dengan alat ini karena semua pekerjaan pasti berhubungan dengan ukuran. Untuk melihat macam macam tipe Meteran di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Meteran

23. Alat Bantu Survey Handy Talky

Handy Talkie atau Radio HT adalah alat komunikasi genggam yang dapat mengkomunikasikan dua orang atau lebih dengan menggunakan gelombang radio, Handy Talky adalah pesawat penerima dan pemancar (transreceiver) yang bekerja pada frequensi VHF ataupun UHF yang ditentukan dengan bentuk dan kemampuan daya pancar yang paling kecil dibandingkan dengan perangkat lainnya, dengan tujuan agar mudah dibawa dan dipergunakan sebagai komunikasi dilapangan(handheld), pesawat ini menggunakan battray sebagai sumber tenaganya dan dilengkapi dengan single charger untuk pengisian ulang baterai.

Handy Talky sangat bermanfaat ketika melakukan pengukuran dan pemetaan tanah karena jarak yang sangat jauh antar pekerja atau pengukur, sehingga komunikasi dapat dilakukan menggunakan Handy Talky. Selain itu Handy Talky sangat direkomendasikan ketika pengukuran dilakukan di tempat yang tidak terdapat sinyal ponsel karena menggunakan frekuensi khusus.Untuk melihat macam macam Handy Talky di Indosurta bisa melihat tautan dibawah ini.

Go to: Handy Talky

Whatsapp
0812-2652-2324

Telepon
0812-2652-2324

Email
indosurta1.surabaya@gmail.com
error: Content is protected !!